Sunday, 4 February 2007

hampir mati : musyrik

Saya dilahirkan di lingkungan bernuansa jawa kolot yang kental (kejawen). Tak hanya saudara, teman2 pun merupakan penganut Islam fanatik. Di tempat saya, banyak yang percaya dengan orang tertentu yang akrab dipanggil gus dan kyai. Mereka dianggap punya kelebihan, entah kebal tenaga dalam, bisa meramal nasib, dll. Makanya di Jombang banyak pesantren, perkumpulan silat maupun tenaga dalam.

Kadang mereka percaya bahwa benda tertentu yang sudah “diisi” oleh guru mereka punya suatu tuah yang bisa melindungi sang pembawa benda tersebut. Nah kebetulan sekali saya pernah menjadi orang yang percaya hal itu. Gimana gak percaya, saya ngelihat dengan mata kepala sendiri orang dipukul dengan kayu, ditendang sepuluh orang tapi tetap gak bergeming seperti batu. Ada orang yang lehernya diikat pake tali tambang tapi nyawanya gak melayang. Dipecut tapi gak merasakan sakit. Bisa patahin baja pake tangan kosong. Bisa makan beling, dll.

Karena saking percayanya, saya pernah minta tasbih saya “diisi”kan oleh salah satu “orang hebat” itu. Nah pernah suatu kejadian dimana saya disuruh nyetir mobil ke Sidoarjo. Sidoarjo tuh deketnya Surabaya. Kejadian ini sekitar lima tahun lalu ketika saya masih kelas 2 SMU. Karena ingin agar selamat, maka tasbih yang udah “diisi” tadi saya gantungkan di tuas whipper, sedangkan tuas untuk lampu sein saya gantungin gigi ikan hiu yang gak tau udah berapa tahun umurnya. Pas balik, di suatu ruas jalan di Mojokerto, saya berpapasan dengan sebuah truk dengan arah berlawanan. Saat itu saya ngebut. Eh tiba2 di depan saya ada sepeda motor yang tiba2 muncul dari belakang truk yang sedang papasan dengan saya.

Saking cepatnya hingga motor itu lewat di tengah2 mobil saya dan truk. Motor itu menabrak pintu kanan mobil saya hingga akhirnya terjatuh-jatuh kejepit di antara mobil saya dan truk. Karena ditabrak (bukan nabrak ya), saya jadi kaget dan hilang kendali. Akhirnya saya gak nguasain stir dan nabrak trotoar. Saya sih selamat, tapi bagian depan mobil saya ringsek. Sedangkan pengendara motor itu sendiri koma beberapa hari. Untunglah ayah saya segera datang, sehingga saya gak jadi dipenjara. Saya benar2 termangu gak percaya. Nah uniknya, “gigi ikan hiu” dan “tasbih” yang saya gantungin di mobil itu raib entah ke mana. Sejak itu saya sadar, bahwa hidup mati kita bukan ditentukan oleh jimat, itu musyrik namanya. Hidup mati kita ditentukan oleh Tuhan. Untung orang tua saya tidak tahu bahwa saya bawa benda begituan, kalo tau entah dimarahin seperti apa saya,,

3 comments:

hanyaseorang DINAR... said...

Jooooom,joooom...
emang suka aneh2 lu ini..
gigi ikan hiu itu,,kocak!!

DARAJAT MULYANTO said...

jom...
brapa kali lu ampir mati?

cheezycrazy said...

Cape deh...
Kayaknya hiperaktif banget ampe hiu pun dirontokin giginya. Buset..=)