Saturday, 3 February 2007

hampir mati : tenggelam

Kemarin lusa ada yang ngajakin berenang. Hmph,, jadi inget bahwa saya pernah tiga kali hampir ditelan oleh dewa neptunus, sang raja laut. Saya gak pernah trauma sama air, tapi hanya berhati2 agar tidak salah melangkah lagi sih. Saya ini bisa berenang, tapi enggak terlalu jago, itu aja sih sebenernya masalahnya. I love beach, i love bitch.

Jadi pengen nyeritain pengalaman hanyut,,,,

Pengalaman hanyut pertama saya adalah pas nyekar ke makam kakek saya. Kakek saya dimakamkan di pekuburuan keluarga yang dibangun di salah satu kaki bukit di kabupaten nganjuk. Untuk sampe di pesarean kakek, kami harus melewati sungai. Meskipun ada jembatan, tapi aku memilih berenang karena pengen maen air.

Eh taunya diriku hanyut terbawa arus (masih SD, masih cupu, belum bisa berenang). Meskipun meronta, mengerang, dan menggelinjang, aku tetap tak kuasa melawan siluman sungai gunung itu. Air gunung yang dingin bikin tubuhku menggigil dan sulit digerakkan. Ditambah lagi tubuh kebentur2 sama batu gunung gara2 kehanyut arus. Sakitnya bukan main. Untung masih ada saudara2ku yang nyelametin. Kalo gak ada mereka mungkin udah kebawa arus dari gunung sampe samudra hindia kali ya.

Pengalaman hanyut kedua adalah pas arung jeram (rafting) di Garut bareng anak2 PLAT HMP. Ketika udah nyampe end point, semua orang nyebur ke sungai. Ketika sebagian orang udah naik ke darat, aku yang ada di tengah sungai juga berusaha berenang ke tepi. Tapi aku baru nyadar bahwa aku gak bisa berenang. Refleks aja aku mengangkat tangan dan teriak minta tolong. Entah siapa yang ngelempar tali tampar ke tengah sungai. Tapi tali itu terlalu pendek, dan aku gak bisa menggapai. Akhirnya aku terhanyut kebawa arus (hihi kayak lagunya letto). Jeram pertama terlewati dengan hasil buruk. Kaki kananku mati rasa karena terantuk batu. Eh tiba2 bayangan semua orang terdekatku mendadak melintas. Teringat juga banyak banget kesalahan yang pernah aku lakukan sebelum2nya. Aku jadi mikir, apa ini pertanda game over??

Beruntung menjelang jeram kedua ada mas penjaga. Dia berusaha narik aku pake dayung dari darat. Pas aku narik dayung yang dia kasih, eh taunya dia ikut keseret juga ke dalam sungai. Akhirnya kami mengarungi sungai bersama (uh romantisnya). Selain nyuruh kaki diarahkan lurus ke depan, dia juga nyuruh akika meluk dia bo,,, Akhirnya demi keselamatan jiwa dan kelangsungan hidup generasi penerus bangsa, aku terpaksa menghilangkan gengsi karena gender dan meluk pria berbadan kekar itu dengan mesra. Hidupku kuserahkan padamu mas,,,

Wow bener, setelah akika mengikuti teknik yang disarankan mas penjaga itu. Jeram berikutnya bisa aku lewatin dengan mudah tanpa terbentur batu-batu cadas itu. Dan beruntung di depan ada perahu. Yeah ,,, selamat. Mentas dari sungai, badanku benar2 menggigil dan ga bisa digerakkan. Gapapalah, yang penting masih hidup. Makasih ya mas macho,,

Pengalaman hanyut ketiga adalah pas berenang di danau toba. Jadi pas di toba, karena udah gak sabar pengen nyelup, aku lari dan langsung berenang ke tengah. Eh taunya nyampe di tengah ternyata dalem banget. Pas nafasku udah habis dan kakiku berusaha ngejejak tanah, ternyata gak nyampe. Refleks aku minta tolong. Haha,, gulam langsung dateng dan berusaha nyelametin ogut. Eh taunya dia juga gak bisa berenang. Yah dia mau nyelametin modal nekat doang,, Karena aku udah kehabisan nafas, jadi aja aku naikin badan gulam dan gantian gulam yang tenggelam haha.

Untung masih ada ale. Dia narik kami berdua dengan badannya yang gede itu. Wow,, saya selamat lagi dari penghakiman dewa neptunus. Terima kasih gulam, terima kasih ale, aku akan selalu berhutang pada kalian.

Inti dari semua peristiwa hanyutnya saya bukanlah saya udah minum berteguk-teguk air gunung ataupun air toba. Tapi ternyata Tuhan masih ingin saya hidup, karena masih banyak tugas saya di bumi ini yang belum selesai mungkin ya. Andaipun nantinya saya dipanggil, saya ingin mengutip prinsip dari entah siapa aku lupa : “Jadilah satu-satunya orang yang menangis ketika pertama kali kamu dilahirkan di dunia, tetapi orang di sekitarmu justru tersenyum. Dan ketika kamu meninggalkan dunia ini, jadilah satu2nya orang yang tersenyum, sementara semua orang akan menangisi kepergianmu.”

2 comments:

cheezycrazy said...

Ampuuuuunnnnn...pas baca pun bikin tawa2 (sori..sori...deskripsinya lucu siy).

husna yusuf nawawi said...

Dasar wong gendeng ... :D ...